Monday, October 11, 2004

Sister school

Aku tuh percaya, negeri tercinta akan cepet maju, kalo ada partisipasi aktif dari semua makhluk penghuninya. Gimana kalau kita galakkan semua orang harus mempunyai satu anak angkat, atau adik angkat? Seperti 'big brother, big sister'?

Satu contohnya dengan menciptakan konsep 'sister school'.

Jadi kalo ada satu sekolah yang elit di Jakarta, tiap anaknya punya satu orang little brother atau little sister di satu sekolah di pedalaman. Anak2 itu bisa berkorespondensi; orangtua si big brother/sister yang langsung mengirimkan 'suntikan' dana untuk little sister/little brother-nya.

Koordinasinya bisa dilakukan di tingkat sekolah, bisa dengan program 'sister school'. Kan boleh donk mengambil contoh baik konsep 'sister city'? Kenapa tidak???

Dengan kerjasama ini, bisa saja nanti satu sekolah elit punya beberapa sister schools di beberapa kota di Indonesia. Setelah itu, boleh juga ada kunjungan atau semacamnya, jadi bisa saling kenal. Tapi dengan itu bisa juga membangun rasa empasi sesama (bagi orang yang lebih mampu) dan juga bagi orang yang kurang mampu diberi kesempatan untuk bisa bersekolah, bahkan kalau memungkinkan untuk membantu ke jenjang lebih tinggi lagi....

Hm... Impianku.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home